Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah-Istilah Jaringan Komputer Yang Wajib Kalian Ketahui

istilah jaringan komputer

Saat ini banyak sekali istilah yang digunakan pada jaringan komputer. Agar pemahaman mengenai jaringan komputer anda makin baik, berikut adalah beberapa istilah pada jaringan komputerSilahkan simak artikel Istilah-Istilah Jaringan Komputer Yang Wajib Kalian Ketahui ini sampai selesai.

ISP

ISP atau Internet Service Provider merupakan perusahaan penyedia layanan internet. Layanan yang disediakan bisa berupa koneksi internet, internet transit, atau yang lainnya. 

Pada umumnya, ISP adalah perusahaan telepon seluler atau kabel yang menawarkan layanan internet beserta dengan TV kabel. Tanpa adanya perusahaan ISP, Anda tidak akan dapat mengakses internet. 

LAN

LAN (Local Area Network) melingkupi jaringan di dalam sebuah gedung yang terdiri atas beberapa lantai. Pada umumnya LAN digunakan untuk pertukaran data antar divisi dalam sebuh kantor. Dengan jaringan LAN, anda dapat memiliki sebuah data center yang dapat diakses oleh seluruh karyawan kantor dalam satu gedung.

Setiap node atau komputer pada sebuah LAN mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses source yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data pada data center. 

WAN

WAN (Wide Area Network) adalah suatu jenis jaringan data yang luas berskala internasional, media transmisi yang digunakan umumnya seperti telepon, kabel bawah laut dan satelit. 

Pada sebagian besar WAN, media yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen, diantaranya yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari suatu komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching disini adalah router yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih. 

IP Address

Internet Protocol (IP) adalah sistem alamat yang berfungsi memberikan identitas pada suatu komputer. Tujuannya yaitu untuk mengirimkan paket data dari komputer satu ke komputer lainnya. IP tidak dapat menangani pemesanan paket atau pemeriksaan kesalahan pada saat komunikasi antar komputer berlangsung.

Firewall

Firewall merupakan suatu sistem keamanan yang melindungi perangkat anda dari berbagai macam ancaman di jaringan Internet seperti serangan virus, malware, spam, spyware, trojan, ransomware, dan serangan lainnya.

Melalui Firewall anda dapat mengatur lalu lintas data, informasi, serta aktifitas apa yang boleh lalu lalang dari jaringan internet ke komputer dan begitu juga sebaliknya.

Server

Server merupakan sebuah sistem komputer yang difungsikan untuk melayani, membatasi, dan mengontrol akses terhadap client pada jaringan komputer. Komputer server ini bertugas menyediakan resource untuk digunakan oleh komputer-komputer client.

Komputer server biasanya memliki spesifikasi tinggi, baik dari segi hardware maupun software. Komputer server juga memiliki sistem operasi khusus yang biasanya disebut dengan Sistem Operasi Jaringan.

Domain

Domain adalah alamat pengganti dari penggunaan alamat IP yang berupa kombinasi angka. Fungsi domain ini yaitu sebagai alat identifikasi sebuah website. Ketika Anda mengetikkan nama domain, akan ada proses untuk mencari data website di web server tujuan sesuai dengan identitas alamat IP-nya.. Jumlah website yang bertambah membuat kombinasi angka pada alamat IP semakin sulit dihafal pengguna. Itulah kenapa sistem penamaan dengan domain jauh lebih efektif.

Sistem nama domain terdiri dari dua elemen utama, yaitu nama domain dan ekstensi domain. Contohnya, ayokonfig.com

Port

Port dapat diibaratkan sebuah pelabuhan untuk mengidentifikasi proses tertentu. Proses tersebut akan diteruskan ke jaringan internet saat tiba di sebuah server. Seluruh perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut dilengkapi dengan port standar masing-masing yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Nomor-nomor port tersebut dikenal dengan angka 16-bit ( dua byte ) dan memiliki total jumlah port maksimum untuk setiap protokol transport sebanyak 65536 buah.

Gateway

Gateway merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan ke jaringan lainnya agar dapat terhubung dengan baik. Gateway sendiri memungkinkan komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lain di jaringan yang berbeda.


Posting Komentar untuk "Istilah-Istilah Jaringan Komputer Yang Wajib Kalian Ketahui"