Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kabel UTP, STP, Coaxial, dan Kabel Fiber Optic

Kabel adalah salah satu media transmisi yang bisa digunakan untuk pertukaran data dengan kecepatan tertentu.

Ada banyak sekali jenis kabel yang bisa digunakan untuk medai transmisi, seperti kabel Fiber optic, kabel UTP, ataupun kabel Coaxial. Tentunya jenis-jenis kabel tersebut memiliki keunggulannya masing-masing

Unshielded Twisted Pair 

Twisted Pair memiliki dua jenis: Shielded dan unshielded. Unshielded twisted pair (UTP) merupakan kabel yang umum dan sering digunakan pada jaringan lokal. Kabel UTP terdiri atas 8 wire yang ditandai dengan 8 warna berbeda, dibuat menjadi 4 pasang wire yang dibungkus sebuah jaket pengaman. 

Masing-masing pasangan kabel tersebut saling melilit (twisted) antara satu wire dengan wire lainnya.

pengertian kabel utp


Kabel UTP yang banyak digunakan untuk Local Area Network adalah UTP Category 5 terutama kategori 5e. 

Untuk menghubungkan satu peralatan jaringan dengan peralatan yang lain, maka pada dua ujung kabel UTP tersebut diberikan konektor UTP atau yang lebih dikenal sebagai RJ-45.

Konektor RJ-45 memiliki 8 port yang sesuai dengan jumlah wire di dalam jaket UTP. Kedelapan wire tersebut harus dimasukkan ke dalam port-port RJ45 dan harus dikunci agar tidak terlepas. Untuk itu diperlukan alat yang disebut Crimping Tool.

Shielded Twisted Pair 

Pada dasarnya kabel ini sama dengan UTP hanya saja STP memiliki pembungkus yang lebih kuat. Sehingga kabel ini sangat cocok digunakan untuk konfigurasi kabel outdor. Shielded twisted pair lebih sering digunakan untuk jaringan dengan topologi ring.

pengertian kabel stp


Coaxial Kabel 

Coaxial hanya memiliki satu konduktor yang berada di pusat kabel. Kabel ini juga memiliki lapisan plastic yang berfungsi untuk pembatas konduktor dengan anyaman kabel yang ada layer berikutnya. Metal shield (anyaman kabel) berfungsi untuk membantu mencegah inrferensi alat elektronik yang menimbulkan interferensi.

pengertian kabel coaxial


Ada dua jenis kabel coaxial : 

  • Thin Coaxial yang biasa disebut thinnet atau biasa dikodekan 10Base2. Angka 2 menandakan bahwa jarak maksimum hubungan antara perangkat yang satu dengan yang lain menggunkan kabel iniadalah 200 meter. Tetapi kenyataanya jarak maksimum hanya berkisar 185 meter saja. 
  • Thick Coaxial yang biasa disebut thicknet atau dikodekan dengan 10Base5 memiliki jarak maksimum 500 meter. Thicknet memiliki pembungkus ekstra tebal  yang membantu menjaga kondisi permukaan kabel.

Konektor yang digunakan pada kabel coaxial adalah konektor BNC (BayoneNeill-Concelman). Konektor BNC terdiri dari T-connector, barrel dan terminator.

Kabel Optik (Fiber Optik) 

Kabel fiber optic adalah salah satu jenis kabel yang berfungsi untuk keperluan pemasangan jaringan internet. Fiber optic sendiri merupakan kabel yang terbuat dari serat optic (kaca).

Dimana jika dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, fiber optic memiliki keunggulan yaitu mampu menghantarkan bandwidth dengan kapasitas tinggi.


Fiber optik memiliki inti kaca yang dilindungi beberapa layer pelindung. Dengan pengiriman yang menggunakan sinar, maka interferensi sangat minim sekalai.  

Fiber optik memiliki jarak yang lebih jauh daripada twisted pair dan coaxial. Kabel ini juga memiliki kecepatan dalam pengiriman data. Fiber optik mempunya kode standar 10BaseF.

pengertian kabel fiber optik


Fiber optik memiliki dua mode transmisi, single mode dan multi mode. Untuk mode transmisi single menggunakan sinar laser sebagai media transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebih jauh.

Sedangkan multi mode menggunakan LED sebagai media transmisinya sehingga jangkauannya tidak terlalu jauh dibandingkan single mode yang menggunakan sinar laser.


Penutup

Demikianlah pengertian dari kabel UTP, STP, Coaxial adn Kabel Fiber Optic, semoga artikel sederhana ini dapat membantu.


Posting Komentar untuk "Pengertian Kabel UTP, STP, Coaxial, dan Kabel Fiber Optic"