Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Enkapsulasi dan Dekapsulasi Beserta Prosesnya

pengertian enkapsulasi dan dekapsulasi

Anda yang belum mengenal apa itu Enkapsulasi dan Dekapsulasi, Beserta Prosesnya kami akan menjelaskan semuanya.

Belajar tentang Enkapsulasi dan Dekapsulasi Beserta Prosesnya akan kami ulas di halaman ini. Enkapsulasi sama dengan membungkus suatu barang. Sedangkan dekapsulasi yaitu proses membuka  barang yang telah diterima.

Enkapsulasi (Encapsulation)

Enkapsulasi adalah suatu proses pemberian header data menjadi paket data (PDU = Protocol Data Unit). Proses ini akan dilakukan sebelum data dikirimkan ke layer berikutnya, proses ini terjadi pada pengiriman paket data menuju host tujuan. Enkapsulasi dilakukan ketika protokol yang ada pada layer yang lebih rendah menerima data dari protokol yang berada pada layer diatasnya dan meletakkan data ke format yang dipahami oleh protokol tersebut.

Dekapsulasi (Decapsulation)

Proses Dekapsulasi merupakan kebalikan dari proses Enkapsulasi. Jika proses Enkapsulasi merupakan suatu proses pembungkusan data beda halnya dengan dekapsulasi yang merupakan proses pembukaan bungkus. Prosesnya pun terbalik dari proses Enkapsulasi. Proses Enkapsulasi dimulai dari layer yang paling atas (Application Layer) menuju layer yang paling bawah (Physical Layer) sedangkan proses Dekapsulasi dimulai dari layer yang paling bawah (Physical Layer) hingga layer yang paling atas (Application Layer).

Proses Enkapsulasi Data

Pada dasarnya proses ini adalah sama halnya dengan kita membungkus suatu barang. Pada proses enkapsukasi data, ada beberapa proses yang harus dilalui diantaranya:

Datagram

Ketika proses pengiriman dimulai, data akan turun melewati Application Layer yang bertanggung jawab dalam pertukaran informasi dari komputer ke jaringan, layer ini merupakan antarmuka antara jaringan dengan aplikasi yang digunakan oleh user

Data tersebut akan disalurkan ke Presentation Layer, dimana layer ini yang bertanggung jawab untuk menentukan perlu tidaknya melakukan enkripsi terhadap permintaan ini. selanjutnya hasil enkripsi tersebut akan dilanjutkan ke Session layer yang mana layer ini akan mengecek apakah aplikasi meminta suatu informasi dan memverifikasi layanan yang diminta pada server.

Segment

Selanjutnya, data yang dikirim tadi akan melalui Transport Layer. Di layer ini data dipastikan sudah mempunyai suatu koneksi dengan server dan memulai proses mengubah informasi ke dalam bentuk segmen. Proses pengecekan kesalahan dan penggabungan data yang berasal dari aplikasi yang sama dilakukan di layer transport ini. 

Header yang diberikan pada data tersebut berguna untuk menentukan kesamaan data yang dikirimkan. Hal tersebut dilakukan karena data yang akan dikirimkan dibagi ke dalam bentuk segmen dan paket. Pada saat data dikirimkan setiap bagian data tersebut memiliki header tersendiri, apabila header yang diberikan tadi sesuai maka data tersebut diambil dan bagian paket yang tidak sesuai akan diabaikan.

Packet

Lalu data akan diteruskan ke Network layer, pada layer ini segmen-segmen data diterima dan ditambahkan alamat network untuk station yang me-request dan alamat network untuk server yang direquest. Segmen-segmen tersebut akan dioah menjadi pecahan paket-paket, kemudian Network Layer akan memberikan sebuah header.

Frame

Paket-paket kemudian dilewatkan ke layer Data Link dan paket-paket diatur dan kemudian akan dibungkus ke dalam individual frame, salah satu contoh dalam proses ini adalah memberikan alamat MAC tujuan dan MAC address sumber yang kemudian informasi tersebut digunakan sebagai trailer. 

Tugas MAC address sangat penting untuk mengirimkan paket antara satu router dengan router lainnya. Kemudian akan paket akan di transmisikan ke media. Tugas dari Data link layer adalah bertanggung jawab untuk mengirimkan frame ke layer dibawahnya.

Bitstream

Pada tahap terakhir ini, informasi akan dibawa dari source menuju ke tujuan penerima. Karena Physical layer tidak mengenal frame, maka melewatkan informasi itu ke bentuk bit. Bit-bit tersebut berasal dari hasil enkripsi yang dilakukan oleh Presentation Layer. Bit-bit tersebut akan dikumpulkan dan disinkronisasi, kemudian diubah menjadi sinyal listrik yang berupa tinggi rendahnya tegangan dan selanjutnya ditransmisikan melalui media. Pada tiap layer terdapat Layer N Protocol Data Unit atau LxPDU, yang  dimana merupakan bentuk dari byte pada header dan trailer pada suatu data.

Proses Dekapsulasi Data

Ketika paket tiba di host penerima, ia melakukan perjalanan melalui tumpukan protokol dalam urutan terbalik dari yang dibutuhkan pengirim. Selain itu, setiap protokol pada sisi penerima melepaskan informasi header yang disertakan ke paket oleh rekannya di sisi pengirim. Apabila header yang diterima tadi sesuai maka data tersebut diambil. Sebaliknya jika header yang diterima tidak sesuai maka bagian paket tersebut akan diabaikan.

Kesimpulan yang dapat diperoleh dari proses enkapsulasi dan dekapsulasi adalah enkapsulasi sama dengan membungkus suatu barang. Sedangkan dekapsulasi sama halnya dengan membuka bungkus barang yang telah diterima. Nah demikian Pengertian Enkapsulasi dan Dekapsulasi Beserta Prosesnya semoga membantu kalian dalam memahaminya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Enkapsulasi dan Dekapsulasi Beserta Prosesnya"