Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dedicated Internet vs. Boardband, Apa Perbedaannya?

perbedaan dedicated dan boardband

Mungkin diantara kalian masih banyak yang bingung antara istilah Dedicated Internet dan Boardband. Padahal kedua istilah tersebut sering kita jumpai dikehidupan sehari-hari. Pada dasarnya, kedua istilah tersebut merupakan jenis/tipe dari akses internet. Berikut penjelasan tentang Dedicated Internet dan Boardband Internet.

Jenis-Jenis Akses Internet

Secara umum, penyedia layanan ISP menawarkan dua jenis akses Internet. Diantaranya yaitu Dedicated Internet dan Internet Boardband. Keduanya memiliki perbedaan secara signifikan dalam hal harga, kinerja, dan waktu aktif.

Apa Itu Dedicated Internet?

Dedicated Internet adalah koneksi jaringan yang biasanya digunakan di perkantoran atau perusahaan. Jenis koneksi jaringan ini menawarkan bandwidth yang konsisten dan terjamin setiap saat. Karakteristik yang menonjol pada jenis koneksi ini adalah memiliki kecepatan, keandalan, serta keamanan yang tinggi karena tidak dibagikan dengan pengguna lain. 

Apa Itu Internet Boardband? 

Berbeda dengan Dedicated Internet, dengan internet broadband, bandwidth Anda dibagi dengan pengguna lain. Kecepatan dan kinerja dapat dipengaruhi oleh berapa faktor seperti banyaknya pengguna yang aktif secara bersamaan. Internet Boardband inilah yang biasanya digunakan pada rumah-rumah pribadi. Saat ini sudah banyak penyedia layanan internet boardband yang menawarkan produknya secara umum misalnya Indihome, Firstmedia, MyRepublic, dll.

Perbedaan Antara Dedicated Internet vs Broadband

Internet Dedicated dan Internet Broadband adalah dua hal yang berbeda. Internet Broadband adalah koneksi Internet rumahan yang biasa kita gunakan pada berbagai perangkat seperti smartphone ataupun TV Kabel, di mana performa dan kecepatannya dibagi antar pengguna. Sementara itu, Internet Dedicated merupakan koneksi Internet yang biasa digunakan untuk keperluan bisnis misalnya kantor. Koneksi yang disediakan, didedikasikan secara privat sehingga performa Internet bisa digunakan secara penuh. Ada beberapa perbedaan yang spesifik diantara kedua jenis koneksi tersebut. Berikut ini adalah perbedaan utama yang akan Anda temukan ketika membandingkan Dedicated Internet dan Internet Broadband.

Kecepatan Download & Upload

Kecepatan Download dan Upload menjadi salah satu perbedaan yang menonjol diantara kedua jenis koneksi internet tersebut. Dengan performa upload dan download yang baik membuat aplikasi berjalan dengan lancar. Itulah mengapa Dedicated Internet menjadi solusi untuk perkantoran yang membutuhkan kecepatan dalam penyelesaikan sebuah masalah.

Kualitas Layanan Lebih Tinggi – QoS

Kehilangan paket, keterlambatan, dan waktu aktif jaringan semuanya memengaruhi kecepatan akses Internet, dan bisnis membutuhkan jaminan bahwa hal tersebut tidak menjadi masalah. Biasanya penyedia layanan Dedicated Internet menawarkan jaminan untuk semua gangguan ini dalam bentuk Perjanjian Tingkat Layanan (SLA). Jika sewaktu-waktu koneksi Dedicated Internet Anda tidak memenuhi standar, Anda berhak mendapatkan kredit SLA. Jaminan SLA ini tidak tersedia di Internet Boardband.

Pemecahan Masalah Lebih Cepat

Selain memiliki bandwidth yang tinggi, Internet Dedicated juga sangat handal. Dengan dukungan 24 jam dan pemantauan layanan, masalah teknis bisa diselesaikan bahkan sebelum masalah tersebut terjadi. Namun jika terjadi kendala, Anda akan memiliki akses ke dukungan teknis untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin. Dukungan ini tidak akan Anda temui pada layanan Internet Broadband.

Biaya Bulanan Lebih Tinggi

Ini menjadi salah satu perbedaan Internet Broadband dan Internet Dedicated yang sangat terasa. Biaya layanan Internet Broadband memang lebih terjangkau jika dibanding dengan Dedicated Internet. Namun, apa yang dibayar sebanding dengan apa yang didapat. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda hanya mendapatkan performa dan dukungan yang secukupnya. Internet Dedicated tetap menjadi pilihan yang baik untuk rumah atau kantor kecil.

Posting Komentar untuk "Dedicated Internet vs. Boardband, Apa Perbedaannya?"