Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Port Number Serta Fungsi Port pada Sebuah Jaringan Komputer

Tahukah Anda? Ketika sebuah komputer terkoneksi dengan komputer lainnya, maka mereka akan berkomunikasi melalui protokol. 

Protokol inilah yang berfungsi untuk bertukar data antar komputer sehingga terhubung melalui jaringan internet dan inilah yang dinamakan protokolTCP/IP.

Di dalam protokol TCP/IP terdapat sebuah Port pada jaringan komputer.

Dalam istilah komputer, nomor port dan alamat IP pengguna digabungkan menjadi informasi “siapa melakukan apa” yang disimpan oleh setiap Penyedia Layanan Internet. Port diberi nomor untuk konsistensi dan pemrograman.

Pengertian Port dan Cara Kerja Port

Port adalah pelabuhan untuk mengiidentifikasi proses tertentu yang akan diteruskan ke jaringan internet saat tiba di sebuah server. 

Semua perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut dilengkapi dengan port standar yang memiliki nomor-nomor yang sudah ditetapkan.

Nomor-nomor port tersebut dikenal dengan angka 16-bit ( dua byte ) dan memiliki total jumlah port maksimum untuk setiap protokol transport sebanyak 65536 buah. 

Port memiliki Nomor terbatas atau nomor port terkenal dicadangkan oleh perusahaan terkemuka berkisar dari 0 hingga 1023.

Alasan umum ketika Anda menggunakan port adalah untuk mengakses sejumlah jaringan pada jarak jauh. Bayangkan ketika Anda memiliki perangkat canggih tetapi router pada perangkat Anda tidak terhubung dikarenakan jarak terhadap sumber jaringan tidak mencukupi.

Selain itu Router yang Anda miliki hanya memiliki satu alamat IP eksternal yang hanya dapat diakses dari Internet. 

Tetapi Anda ingin dapat terhubung dari jarak jauh, Namun, Anda tidak dapat meneruskan satu port ke lebih dari satu alamat IP lokal secara bersamaan. Solusinya adalah Anda dapat menggunakan dua port secara terpisah. 

Jenis-Jenis Port dan Fungsinya

Port pada umumnya memiliki beragam jenis dan fungsi, seperti;

port number jaringan komputer

  1. Port 20 adalah jenis port yang disebut FTP-DATA dimana port ini sebagai tempat seluruh data masuk yang terhubung.

  2. Port 21 adalah jenis port ini berfungsi untuk mentransfer file dari client ke server secara default begitupun sebaliknya.

  3. Port 22 - ( Secure Shell ) merupakan jenis port standar SSH yang digunakan untuk keperluan komunikasi data yang bersifat secure menggunakan antar muka baris perintah yang terenskripsi.

  4. Port 23 merupakan jenis port yang dipakai oleh telnet server yang digunakan router, firewall dan segala macam perangkat jarak jauh untuk dikonfigurasi serta diperbarui melalui antarmuka baris perintah. 

  5. Port 25 / SMPT ( Simple Mail Transfer Protokol ) merupakan jenis port standar yang digunakan untuk mengirim pesan elektronik antar sesama SMPT server.

  6. Port 53 biasa digunakan untuk DNS Server ( Domain Name System ) yang berfungsi menterjemahkan nama domain ke IP adress secara instan.

  7. Port 67 & Port 68 digunakan oleh client untuk kebutuhan Dynamic Adressing yang memberikan keamanan terbaik untuk komputer Anda. 

  8. Port 69 merupakan jenis protokol UDP yang berfungsi untuk memelihara dan memperbarui sistem untuk memperbarui file konfigurasi antar sistem LAN yang melayani TFTP ( Trivial File Transfer Protocol ).

  9. Port 80 adalah jenis port default dari HTTP ( Hypertext Transfer Protocol ) agar Anda bisa mengakses suatu website atau layanan dengan koneksi yang dibangun melalui HTTP. 

  10. Port 123 digunakan untuk sinkronisasi dengan server menggunakan NTP ( Network Time Protocol ) dimana tingkat akurasi tinggi sangat diperlukan.
Demikianlah informasi mengenai port number pada jaringan komputer. Dengan artikel ini Anda bisa lebih mengenal port secara umum beserta jenis dan fungsinya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Port Number Serta Fungsi Port pada Sebuah Jaringan Komputer"