Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DNS Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Menerapkannya Pada Website

dns adalah

Saat ingin mengunjungi situs web tertentu pasti Anda tinggal mengetik nama situsnya kan? Contohnya, facebook.com. Asal kita ketahui, ternyata awalnya tidak sesederhana itu. DNS adalah sistem yang bekerja mengubah URL website tersebut menjadi IP Address.

Penerapannya dalam sebuah website mendatangkan banyak keuntungan bagi pemakainya. Berbagai fungsinya serta cara kerja DNS yang optimal dari tahap satu ke tahap lainnya.

Apa Itu DNS?

DNS adalah singkatan dari Domain Name Server, yang merupakan sebuah layanan penghubung antara URL dengan alamat IP. Penerapan layanan DNS ini memudahkan pengguna internet untuk menemukan sebuah website.

IP Address website yang awalnya rumit menjadi lebih mudah diingat dan diketik dengan cepat oleh pengguna internet. Kelebihan DNS dapat membantu pekerjaan menjadi lebih sederhana.

Setiap ingin mengunjungi sebuah website Anda tinggal mengingat nama domain-nya dan mengetiknya dalam address bar. Setelah itu, DNS menjadi penerjemah domain tersebut ke dalam bentuk IP Address yang dipahami perangkat.

Jadi, bisa dikatakan bahwa DNS adalah sebuah server yang memudahkan Anda untuk mengunjungi sebuah website atau membuat situs mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Fungsi DNS

Dari pengertian DNS sebenarnya sudah tergambar fungsi utamanya. Hanya saja, untuk lebih memahami server ini sendiri beberapa peranan spesifikasinya juga tidak kalah penting untuk diketahui.

Apa saja fungsinya? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Menerjemahkan Domain Situs Web menjadi IP Address

Sebagaimana yang sudah disinggung pada bagian definisi, bahwa DNS berfungsi mencocokkan nama atau domain situs web pada alamat IP yang berupa angka-angka. IP Address yang berupa angka-angka ini akan berubah ke dalam bentuk sederhana yaitu berupa tulisan singkat.

Adanya DNS membuat Anda tidak perlu menghafal alamat IP dari berbagai website. Ini membuat interaksi dengan komputer menjadi lebih efisien dan mengurangi error dalam melakukan suatu pekerjaan.

Mengidentifikasi dan Mengelola IP Address Lokal

Setelah mengetahui fungsi DNS adalah menerjemahkan URL website ke dalam bentuk IP Address yang lebih sederhana. Nyatanya server ini juga berfungsi mengidentifikasi dan mengelola IP Address lokal.

DNS (Domain Name Server) memelihara database kecil alamat IP dan nama domain yang paling sering dipakai dalam jaringannya. Selain itu, DNS juga mendelegasikan resolusi untuk semua nama domain lain ke server lain yang beroperasi di jejaring internet.

Menyediakan Berbagai IP Address untuk Setiap Host

Dalam upaya mengembangkan website, tentu saja tidak lepas dari peran host di dalamnya agar aksesnya menjangkau publik yang lebih luas. Fungsi DNS dalam hal ini dapat mengidentifikasikan alamat IP pada semua host sehingga masing-masing memiliki alamat berbeda.

Cara Kerja DNS

Setelah membahas DNS adalah sebuah server dengan berbagai fungsinya yang sudah diulas pada poin sebelumnya. Bertanya soal cara kerja server ini dalam website tentu harus terjawab.

Bagaimana cara kerja DNS? Di bawah ini uraian lebih lengkap yang bisa Anda pahami:
  1. DNS mencari informasi domain yang akan dijelajahi.
  2. Setelah itu, DNS menyesuaikan menerjemahkan nama situs web tersebut dalam angka berbentuk alamat IP.
  3. Pada cache lokal yang tersimpan di komputer, DNS lokal akan mencari IP Address.
  4. Berikutnya, cache akan tersimpan jika situs web pernah diakses sebelumnya dan DNS hanya bertugas menampilkannya.
  5. Bila sebaliknya, DNS akan meminta data pada DNS recursive dan website akan ditampilkan.
  6. DNS akan mencari dalam server lain jika alamat tidak ditemukan pada domain name server recursive.
  7. Jika IP Address sudah ditemukan, website akan tampil dan DNS lokal akan menyimpan cache web tersebut.

Keuntungan Penerapan DNS untuk Website

Seperti yang sudah kita pahami bahwa DNS adalah sebuah layanan untuk mempermudah akses situs web dengan cara kerjanya. Tentu saja dalam pelayanannya tersebut, mendatangkan keuntungan bagi penggunanya.

Dari sekian kelebihan DNS dalam setiap fungsinya, berikut ini keuntungan yang akan didapatkan:

Memudahkan dalam Akses Internet

Pasti sangat sulit bukan, kalau Anda harus mengingat angka-angka untuk mengunjungi sebuah website? Nah, untungnya ada DNS server ini yang dapat menjembatani komunikasi Anda dengan komputer melalui fungsinya mengubah URL website dalam bentuk IP Address sederhana.

Menstabilkan Jumlah Kunjungan

Keuntungan berikutnya yang akan Anda dapatkan dalam penggunaan layanan DNS adalah menstabilkan akses pengunjung. Keunggulan DNS ini diperoleh karena layanannya dapat membantu Anda memakai nama domain server yang sama meskipun sudah terjadi perubahan pada IP Address.

Penggantian IP Lebih Mudah dalam Kondisi Terkendala

Keuntungan pemakaian DNS untuk website juga memudahkan penggantian IP saat terjadi kendala pada IP Address sebelumnya. Perbarui data terkait DNS dan alamat IP-nya website akan stabil kembali.

Keamanan Website Lebih Terjamin

Adanya sistem DNS yang menerima transfer data dengan aman membuat peretasan yang coba dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab dapat dicegah. Jadi, tidak khawatir mengenai keamanan website Anda.

Dari ulasan lengkap kami di atas, tentu sudah bisa dipahami bahwa DNS adalah salah satu server terbaik untuk optimasi situs web. Keamanan situs web juga terjamin berada dalam jejaring internet, bukan sebatas penerjemah URL website ke dalam IP Address saja.

Posting Komentar untuk "DNS Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Menerapkannya Pada Website"