Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian LAN, MAN, dan WAN

Kali ini kami akan membahas mengenai materi jaringan lagi, lebih tepatnya mengenai pengertian LAN, MAN, dan WAN. 

LAN (Local Area Network)

LAN melingkupi jaringan di dalam sebuah gedung yang terdiri atas beberapa lantai. Seringkali LAN digunakan untuk pertukaran data atau printer dalam sebuh kantor yang besar. 

Kita dapat memiliki sebuah data center yang dapat diakses oleh seluruh karyawan kantor dalam satu gedung. Atau sebuah tempat penyimpanan data yang terpusat. 


pengertian lan



Kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. 

Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. 

Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. 

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal.

Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer.

Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

MAN  (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan bentuk jaringan komputer yang menghubungkan satu jaringan LAN dengan jaringan LAN yang lain. 

Biasanya MAN menghubungkan dua atau lebih area yang berbeda. Misalnya adalah jaringan yang menghubungkan dua kantor/institusi yang berbeda, jaringan antara satu universitas dengan unversitas lain, dan lain sebagainya. 

MAN menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal.


pengertian man


Jaringan MAN biasanya menggunakan  Asynchronous Transfer Mode (ATM), FDDI, dan SMDS.

Teknologi ini sekarang dalam proses digantikan oleh Teknologi Ethernet berbasis koneksi (misalnya, Metro Ethernet) di kebanyakan daerah. 

MAN menghubungkan antara jaringan area lokal atau LAN yang telah dibangun tanpa kabel baik menggunakan microwave, radio, atau laser link infra-merah.


WAN (Wide Area Network)

WAN adalah suatu jenis jaringan data yang luas mencangkup negara dan benua, sarana transmisi yang digunakan umumnya seperti telepon, kabel bawah laut dan satelit. 

Singkatnya WAN yaitu jenis jaringan komputer yang mencangkup negara dan benua, atau WAN merupakan gabungan dari jaringan LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network). 

Protocol pada jaringan WAN termasuk kedalam physical layer yang ada dalam 7 layer OSI. Data-data pada WAN diatur dengan menggunakan seperangkat aturan yang terdapat pada Data Link 7 layer OSI.


pengertian wan



Pada sebagian besar WAN, komponen yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. 

Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari suau komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching disini adalah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih. 

Saat data yang dikirimkan sampai ke kabel penerima, elemen switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan paket-paket data tersebut.

Oke mungkin sekian dulu mengenai penjelasan dari LAN, MAN, dan WAN, semoga dapat membantu.

Posting Komentar untuk "Pengertian LAN, MAN, dan WAN"