Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Firewall Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Penjelasan Secara Lengkap!

firewall adalah

Sebagian besar dari anda pasti sering mendengar istilah firewall, namun sebenarnya apa itu firewall? Apa hubungannya keamanan komputer dengan firewall?. Tentunya bagi anda yang menggunakan sistem operasi windows tidak akan asing dengan istilah satu ini. Sebenarnya firewall diciptakan untuk memberikan solusi dari masalah keamanan perangkat yang semakin hari semakin merajalela.

Tanpa berbasa-basi lagi mari kita ulas apa itu firewall? Fungsi firewall didalam jaringan? dan cara kerja firewall?. Simak artikel ini sampai selesai

Pengertian Firewall

Firewall adalah suatu sistem keamanan jaringan yang memiliki tugas untuk melindungi perangkat dari serangan malware, ransomware, virus, spam, ataupun yang lainnya. Biasanya firewall berjalan pada sebuah mesin terdedikasi yang berjalan pada gateway antar beberapa jaringan. 

Tugas utama firewall adalah melakukan monitoring pada lalu lintas jaringan, termasuk semua akses keluar masuk, dan siapa saja yang memiliki akses terhadap suatu jaringan. Firewall juga memiliki kontrol terhadap suatu koneksi.

Firewall sangat penting sekali bagi perangkat komputer kita, apalagi saat ini marak terjadi kebocoran data dan penyalahgunaan informasi. Dengan adanya firewall keamanan data dan informasi pribadi kita akan lebih terproteksi.

Fungsi Firewall

Seperti yang telah dijelaskan diatas, fungsi firewall adalah melindungi perangkat komputer kita dari serangan cyber. Namun ada juga firewall yang berada pada jaringan internet. Contohnya yaitu firewall pada jaringan VoIP yang bertugas untuk menjamin pertukaran data saat komunikasi berlangsung.

Terdapat banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Berikut ini merupakan fungsi dari firewall :

Melindungi Data dari Serangan Hacker

Semakin sering anda berselancar di internet pastinya akan semakin besar pula peluang anda untuk terkena serangan cyber. Diera sekarang sangat sering sekali terjadi pencurian terhadap data dan informasi pribadi. Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, maka anda perlu untuk selalu mengaktifkan perlindungan dari firewall agar data dan informasi pribadi anda tetap aman.

Memblokir Layanan yang tidak Diinginkan

Manfaat firewall selanjutnya adalah memblokir layanan atau konten yang tidak diinginkan. Saat ini banyak beredar konten yang tidak diinginkan, apalagi jika anda memiliki anak dibawah umur yang biasa mengakses internet.

Maka dari itu, sangat disarankan bagi anda untuk mengaktifkan firewall pada perangkat anda, karena biasanya mereka belum bisa membedakan mana konten yang relevan dengan usia mereka.

Monitoring Bandwidth

Firewall tidak hanya digunakan untuk keamanan suatu jaringan. Disamping itu fungsi firewall yang tidak kalah penting yaitu monitoring bandwidth. Sebagai seorang pengguna anda dapat membatasi dan memonitor layanan bandwidth yang bisa digunakan. Anda juga dapat menetapkan batasan untuk setiap aktifitas berupa musik, video, gambar, game, atau yang lain.

Mengakses Layanan VPN

Selanjutnya, fungsi firewall adalah untuk memfasilitasi koneksi VPN (Virtual Private Network). Dengan layanan ini anda dapat mengakses jaringan pribadi anda. Dengan layanan ini juga anda dapat mengakses konten atau situs yang sedianya diblokir oleh pihak tertentu. Hal ini sangat membantu bagi anda yang menginginkan akses tidak terbatas.

Manfaat Firewall Pada Perangkat Komputer

Firewall biasa digunakan untuk memproteksi berbagai macam data dan informasi. Firewall dapat melakukan hal tersebut karena memang firewall didesain untuk memberikan keamanan pada suatu perangkat. 

Contoh pada kegiatan sehari-hari, misalnya kita akan melakukan pertukaran data menggunakan FTP (File Transfer Protocol), Lalu lintas data pada jaringan komputer akan dikendalikan oleh adanya firewall.

Cara Kerja Firewall

cara kerja firewall

Firewall memiliki beberapa rules atau aturan yang bisa diatur oleh pengguna. Firewall juga dapat memberikan hak akses terhadap suatu perangkat, begitu juga sebaliknya firewall juga dapat memblokir akses dari perangkat yang tidak diinginkan pengguna. Seorang administrator jaringan lah yang bertugas untuk membuat aturan atau konfigurasi tersebut. Lalu bagaimana cara kerja firewall untuk menyaring lalu lintas tersebut?

Cara kerja firewall adalah menyaring lalu lintas jaringan biasanya berdasarkan :

Jenis-Jenis Firewall

Ada beberapa jenis firewall yang biasa kita gunakan tapi tidak anda sadari, diantaranya :

  • Packet Filtering Gateway

Packet filtering gateway adalah firewall yang bekerja pada protokol TCP/IP (Network Layer). Firewall ini bertugas untuk melakukan penyaringan data atau paket yang datang dari jaringan lain. Penyaringan data dan paket ini bekerja berdasarkan :
  • Sumber paket
  • Tujuan paket
  • Atribut paket
Firewall yang satu ini biasanya menjadi bagian dari suatu router firewall. Software yang biasa dipakai untuk melakukan packet filtering ini adalah iptables dan ipfw.

  • Application Layer Gateway (Proxy Firewall)

Berbeda dengan Packet Filtering Gateway,  firewall ini tidak hanya bekerja berdasarkan sumber paket, tujuan paket, dan atribut paket saja, firewall ini juga dapat mencapai isi dari paket juga. Firewall ini juga biasa disebut dengan proxy firewall.

Firewall jenis ini berada pada protokol TCP/IP (Application Layer). Firewall ini biasanya digunakan pada server suatu jaringan, yang bertugas untuk memblokir situs-situs tertentu yang bersifat ilegal

  • Circuit Level Gateway

Jenis firewall ini yang bekerja pada transport layer model TCP/IP. Monitoring terhadap koneksi TCP atau TCP Handshaking digunakan untuk menentukan apakah sesi koneksi diperbolehkan atau tidak. Firewall jenis ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan Application Layer Gateway.

  • Statefull Multilayer Inspection Firewall (SMIF)

Statefull Multilayer Inspection Firewall atau yang biasa disingkat SMIF adalah jenis firewall yang paling kompleks dan paling banyak digunakan karena bekerja pada 3 layer sekaligus diantaranya:
  • Application Layer
  • Transport Layer
  • Network Layer
Jenis firewall ini bekerja pada referensi model OSI. Dengan penggabungan antara ketiga layer sekaligus, firewall ini menjadi firewall dengan fitur terbanyak dan tingkat kompleksitas yang lebih terjamin. Itu artinya tingkat keamanan pasti jauh lebih bagus dibanding dengan jenis firewall yang lainnya.

Dari sekian ulasan mengenai firewall di atas tentu saja sudah menjawab rasa penasaran kita mengapa dalam dunia komputer sangat diperlukan sekali firewall. Ya, keberadaan firewall membantu dalam keamanan data dan informasi pribadi kita.

Nah, memahami kinerja firewall adalah bagian dari segala sesuatu yang kita butuhkan. Tentu saja, memperbanyak pengetahuan mengenai sistem pendukung jaringan maupun komputer lainnya menarik untuk kita ketahui bersama.

Posting Komentar untuk "Firewall Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Penjelasan Secara Lengkap!"