Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gateway Adalah: Pengertian dan Penjelasan Lengkap

gateway adalah

Gateway adalah salah satu bagian dari teknologi jaringan komputer yang sudah tidak asing lagi dalam dunia internet. Gateway mengambil peran penting yang sangat menentukan aktivitas berinternet.

Ya, tanpa gateway bisa saja kita tidak akan mampu untuk mengirim data atau mengakses internet. Lalu apa sebenarnya pengertian gateway? Fungsi sekaligus cara kerjanya?

Apa Itu Gateway?

Gateway berasal dari bahasa Inggris yang artinya gerbang jaringan. Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menjembatani satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya yang kaidah komunikasinya tidak sama.

Istilah gateway ini merujuk pada software dan hardware yang fungsinya menghubungkan dua aplikasi atau jaringan non kompatibel. Dengan demikian, data dapat ditransfer antar komputer satu dan lainnya.

Contoh cara kerja gateway yaitu pada email, sehingga Anda jadi lebih mudah melakukan pertukaran pesan dalam sistem yang berbeda. Terdapat host yang berfungsi mengalihkan lalu lintas jaringan dari jaringan satu ke jaringan lainnya.

Fungsi Utama Gateway

Setelah panjang lebar memahami gateway adalah jembatan penghubung antar jaringan yang berbeda perangkat serta mengetahui cara kerjanya, di bawah ini penjelasan mengenai fungsi gateway:

Informasi Dapat Diakses Lebih Mudah

Adanya kemampuan konversi protokol membuat gateway dapat memudahkan pengguna mengakses berbagai informasi penting yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan kedua komputer yang saling terkoneksi dapat menukar data.

Bila tanpa adanya gateway, dua perangkat komputer atau lebih dengan protokol yang berbeda tidak dapat melakukan digunakan untuk saling bertukar informasi. Peranannya yang sangat penting ini tentu saja menarik dipahami lebih lanjut.

Berbagi Fungsi Hardware

Fungsi gateway juga untuk sharing fungsi hardware atau perangkat keras. Fungsinya ini akrab disebut sebagai hardware sharing.

Sebagai contoh, satu alat cetak dapat memenuhi kebutuhan beberapa orang dalam satu ruangan. Sehingga, keberadaan gateway ini sangat membantu dalam efisiensi aktivitas sehari-hari.

Membuat Proses Pertukaran Data Semakin Lancar

Sementara berikutnya fungsi gateway adalah membuat proses pertukaran data lebih cepat dan lancar. Jadi tak heran, kalau perusahaan atau organisasi sangat mengapresiasi keberadaannya.

Sebab, gateway membuat pertukaran informasi dan keperluan data bisnis lainnya menjadi lebih maksimal. Suatu bisnis dapat dengan mudah mengintegrasikan dan mengatur contoh penting yang ada di perusahaan.

Terlebih kalau perusahaan tersebut memiliki tidak sedikit divisi yang bekerja terpisah. Inilah yang mendasari mengapa keberadaan gateway dalam menghubungkan komputer sangatlah penting dalam kehidupan kita.

Sayangnya, sistem ini tidak dapat bekerja sendiri. Tetapi memerlukan seorang admin yang mengelola dan mengontrol keamanan mengenai data tersebut.

Membantu Kinerja Komputasi

Setelah memahami fungsi gateway adalah sebagai proses pertukaran data yang lebih optimal yang sangat dibutuhkan dalam kinerja perusahaan, gateway juga berfungsi membantu kinerja komputasi. Jadi, sama halnya dengan jaringan yang kinerjanya mengoptimalkan stabilitas serta performa komputasi.

Tentu saja, fungsinya ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan perusahaan. Tapi, untuk cara termudah menjalankan setiap tugas komputasi dari unit komputer satu dan lainnya tentu saja tetap yang satu jaringan karena tidak akan overload.

Berfungsi Mengkonversi Protokol

Sebagaimana yang sudah kita pahami bersama bahwa gateway adalah jembatan dua unit komputer yang memiliki protokol berbeda. Jika sudah demikian maka bukan lagi hal tabu kalau pertukaran informasi prosesnya jadi lebih cepat.

Informasi menariknya lagi, kalau setiap jaringan gateway dapat dioperasikan pada setiap tingkat yang ada dalam model jaringan OSI. Tentu saja, ini yang juga melandasi kinerja gateway semakin optimal.

Dari sekian ulasan mengenai gateway di atas tentu saja sudah menjawab rasa penasaran kita mengapa dalam dunia komputer pekerjaan terasa lebih mudah. Ya, keberadaan gateway membantu dalam penukaran informasi dan berbagi perangkat keras yang sangat kita butuhkan.

Nah, memahami kinerja gateway adalah bagian dari segala sesuatu yang kita butuhkan. Tentu saja, memperbanyak pengetahuan mengenai sistem pendukung jaringan maupun komputer lainnya menarik untuk kita ketahui bersama.

Posting Komentar untuk "Gateway Adalah: Pengertian dan Penjelasan Lengkap"