Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Tentang Cyber Security dan Penjelasannya Lengkap

cyber security adalah

Pernahkah Anda mendengar tentang cyber security? Beberapa tahun terakhir istilah yang satu ini cukup santer terdengar. Bahkan penelusuran tentang Cyber Security menurut Google Trends telah mengalami peningkatan di dunia selama 5 tahun terakhir.

Semakin berkembangnya era digital, cyber security sangat diperlukan sebagai tindakan perlindungan untuk setiap pengguna internet. Apalagi dalam dunia bisnis, dimana jaminan keamanan dalam pelayanan perusahaan sangat diperlukan.

Misalnya saja, seorang nasabah yang hendak menabung akan mempertimbangkan jaminan keamanan pada penyedia layanan yang hendak dipilih. Sebab saat ini ada banyak kasus dimana penyedia layanan kebobolan pada sistem pengamanannya.

Contoh diatas adalah isu yang termasuk bagian cyber security. Lalu apa yang dimaksud dengan cyber security? Berikut informasinya untuk Anda.

Apa Itu Cyber Security?

Cyber security adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh sistem ataupun seseorang untuk melindungi sistem komputer dari serangan ilegal. Mengutip dari beberapa sumber, menurut Kaspersky, cyber security adalah praktik melindungi komputer, server, sistem elektronik, perangkat mobile, data serta jaringan dari serangan jahat.

Serangan jahat yang bersifat ilegal ini biasanya dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang memiliki kepentingan tertentu dan bertujuan untuk merugikan korban. Ancaman siber ini bisa menyerang siapa saja, baik bisnis kecil, kalangan pribadi hingga organisasi besar.

Hal-hal yang bisa dilakukan misalnya saja mengakses informasi penting dan sensitif, menghancurkan data penting, mengubah informasi dan masih banyak lagi. Itulah sebabnya, sangat penting untuk memahami tentang cyber security.

Elemen-Elemen Cyber Security

Berikut ini beberapa elemen-elemen cyber security yang harus Anda ketahui yaitu :

Cloud Security

Keamanan siber yang baik perlu ditingkatkan, sebab pencurian data dapat terjadi kapan saja. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cloud security. Upaya perlindungannya meliputi layanan, kronologi serta kebijakan kontrol serta layanan cloud security.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan two factor authentication, firewall serta enkripsi data. Selain itu, penting untuk memilih penyedia cloud security yang kualitasnya sudah jelas teruji.

Network Security

Apabila lalu lintas data semakin padat, artinya penggunanya juga semakin banyak. Maka sangat penting untuk Anda melakukan peningkatan network security.

Fungsinya yaitu berguna untuk melindungi jaringan lalu lintas data serta mengamankan aset perusahaan. Maka dari itu, network security sangat penting untuk sebuah perusahaan bisnis.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk meningkatkan network security yaitu email security, software antivirus, firewall, web security, endpoint security, Network Access Control dan masih banyak lagi.

Application Security

Saat ini ada begitu banyak perusahaan maupun instansi yang memanfaatkan aplikasi untuk memudahkan berbagai keperluan customer. Meski begitu, Anda perlu mewaspadai resiko cyber crime yang dapat terjadi.

Application security merupakan elemen yang dapat meningkatkan keamanan di dalam aplikasi sehingga dapat mencegah ancaman siber yang bisa saja terjadi kapan saja. Ancaman paling umum yang bisa mengancam aplikasi atau software yaitu otorisasi, input validation, manajemen sesi serta enkripsi.

Salah satu cara menghadapinya yaitu bisa dengan membiasakan memakai cara autentikasi. Selain itu, gunakan password yang terdiri atas huruf, angka, sidik jari hingga pengenalan wajah.

Information Security

Elemen selanjutnya yaitu information security. Information security adalah sebuah elemen keamanan siber yang dilakukan untuk mencegah adanya akses secara ilegal, adanya gangguan, penggunaan, modifikasi hingga menghancurkan informasi secara tidak sah.

Informasi yang menjadi target pelaku cyber crime yaitu data rekening bank, informasi pribadi, email, detail jaringan, kredensial login, detail jaringan hingga profil media sosial.

Operational Security

Operational security adalah suatu elemen manajemen resiko yang bertujuan melindungi data yang tentan diakses atau disalahgunakan. Elemen operational security akan mengidentifikasi informasi penting serta mengembangkan mekanisme perlindungan sehingga keamanan data pasti terjaga.

Disaster Recovery Planning

Disaster recovery planning merupakan elemen yang berupaya mengatasi berbagai bencana yang mungkin saja terjadi, seperti bencana alam, cyber crime atau lainnya. Upaya tersebut dilakukan oleh perusahaan sebagai rencana pemulihan.

Hal ini dapat dilakukan dalam bentuk suatu dokumen formal yang memuat budget financial, administrasi, sumber daya dan teknologi hingga perangkat keras.

End User Education

Salah satu elemen paling penting dari suatu keamanan siber yaitu end user education. Sebab end user atau pengguna internet yang kurang edukasi mengenai cyber security bisa jadi resiko keamanan terbesar. Baik bagi individu maupun organisasi dimana ia terlibat.

Resiko keamanan seringkali terjadi sebab kurangnya kesadaran dan kebijakan pada keamanan prosedur di sebagian besar perusahaan atau organisasi.

Jenis Ancaman Cyber Security

Selain mengetahui 7 elemen di atas, Anda juga perlu mewaspadai ancaman yang terjadi berupa serangan siber. Berikut ini 3 jenis ancaman yang biasanya terjadi :

Cyber Crime

Ancaman cyber crime biasanya berupa manipulasi data, melakukan transaksi data secara ilegal hingga melakukan pengrusakan sistem komputer.

Kejahatan cyber crime ini bisa menimbulkan kekacauan terhadap sistem komputer. Hal yang dilakukan tersebut biasanya bertujuan untuk mencari keuntungan yang berupa materi.

Cyber Attack

Selain cyber crime, ada juga ancaman sejenis yaitu cyber attack. Ancaman cyber attack umumnya terjadi pada perusahaan yang sudah memiliki nama besar ataupun kepentingan politik.

Tujuan dari cyber attack yaitu dapat menciptakan kerusuhan dalam perusahaan serta untuk mencari keuntungan. Namun yang paling berbahaya dari cyber attack adalah adanya pencurian data.

Cyber Terrorism

Jenis ancaman lainnya yaitu cyber terorism dimana serangan siber ini mampu menimbulkan ketakutan yang sangat besar hingga bisa menyebabkan massa merasa panik. Pola yang dilakukan juga serupa, yaitu membuat publik kebingungan dan panik sebab ketakutan yang ditimbulkan.

Kejahatan siber yang satu ini sangat merugikan negara, bahkan dapat mengancam keselamatan warga serta pejabat pengatur jalannya pemerintahan. Kegiatan terorisme yang dilakukan dengan menyerang komputer, jaringan serta sistem informasi bertujuan untuk menekan pemerintah, mengintimidasi dan untuk kepentingan politik tertentu.

Contoh Kasus cyber terorism yang cukup terkenal yaitu serangan virus IloveYou di Filipina pada tahun 1999. Virus tersebut diperkirakan telah memasuki 10 juta komputer. Mulai dari jaringan komputer di Jerman, Malaysia, Perancis, Belgia, Belanda, Swedia, Inggris, Amerika Serikat dan Hongkong. Cyber Terorism ini telah menimbulkan kerugian yang besar di negara tersebut.

Nah itu tadi beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai cyber security beserta ancaman siber yang perlu diwaspadai. Tentu saat ini cyber security sangatlah penting untuk perusahaan maupun instansi pemerintah.

Apalagi saat ini sudah era daring, dimana semua orang dapat mengakses informasi dengan mudah. Sehingga sangat membutuhkan laptop, komputer ataupun ponsel untuk mendapat berbagai kemudahan dan keuntungan.

Agar sistem perusahaan bisa terkelola dengan baik, dibutuhkan cyber security yang bagus. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari cyber security untuk kelancaran bisnis Anda.

Mulai dari menjaga reputasi perusahaan, meningkatkan manajemen data, memulihkan kerusakan dengan lebih cepat dan keamanan website jadi lebih terjamin.

Posting Komentar untuk "Mengenal Tentang Cyber Security dan Penjelasannya Lengkap"