Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Badan Standarisasi ISO, ITU, ANSI, IEEE, IETF, EIA, FCC

Kali ini kita akan membahas mengenai  Badan Standarisasi seperti ISO, ITU, ANSI, IEEE, IETF, EIA, dan FCC.

ISO

standarisasi iso

International Organization for Standardization (ISO) adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standar nasional setiap negara. 

Didirikan pada 23 February 1947 ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia.

ITU ( International Telecommunication Union )

standarisasi itu

Sebuah organisasi global yang ada dan didirikan untuk mengatur penggunaan frekuensi radio (RF) diseluruh penjuru dunia. PBB menugaskan kepada International ITU untuk mengatur dalam hal skala penggunaan frekuensi, secara global.

ANSI ( American National Standards Institute )

standarisasi ansi

ANSI adalah sebuah kelompok yang mendefinisikan standar Amerika Serikat untuk industri pemrosesan informasi. 

ANSI berpartisipasi dalam mendefinisikan standar protokol jaringan dan merepresentasikan Amerika Serikat dalam hubungannya dengan badan-badan penentu standar International lain, misalnya ISO.

Ansi adalah organisasi sukarela yang terdiri atas anggota dari sektor usaha, pemerintah, dan lain-lain yang mengkoordinasikan aktivitas yang berhubungan dengan standar, dan memperkuat posisi Amerika Serikat dalam organisasi standar nasional.

IEEE

standarisasi ieee

IEEE adalah organisasi nirlaba internasional, yang merupakan asosiasi profesional utama untuk peningkatan teknologi.

Sebelumnya, IEEE merupakan kepanjangan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers.

Namun berkembangnya cakupan bidang ilmu dan aplikasi yang diperdalam organisasi ini membuat nama-nama kelektroan dianggap tidak relevan lagi, sehingga IEEE tidak dianggap memiliki kepanjangan lagi, selain sebuah nama yang dieja sebagai Eye-triple-E.

IETF ( Internet Engineering Task Force  )

standarisasi ietf

IETF adalah sebuah organisasi yang berwenang dan bertanggung jawab dalam mengatur dan menetapkan protocol-protocol standard yang digunakan di internet. 

IETF juga merupakan sebuah organisasi yang menjaring banyak pihak (baik itu individual ataupun organisasional) yang tertarik dalam pengembangan jaringan komputer dan Internet.

EIA

standarisasi eia

Organisasi yang anggotanya adalah pabrik pabrik elektronika di USA.Pada bidang telekomunikasi, EIA mendirikan Technical Committee TR-30(1962) untuk pengembangan standard-standard interface perangkat tambahan dari data terminal equipment (DTE) sepertiport computer dan data communications equipment (DCE), seperti modem.

FCC

standarisasi fcc

FCC adalah organisasi yang bergerak di bidang pertelekomunkasian. Organisasi ini yang mengatur segala jenis komunikasi baik yang keluar ataupun ke dalam negara Amerika Serikat. 

Tujuan FCC mengatur komunikasi wireless, adalah agar tidak terjadi kesimpang siuran, maupun penyalahgunaan dalam hal penggunaan sinyal atau frekuensi radio yang digunakan dalam teknologi wireless.

Demikian penjelasan dari Pengertian Badan Standarisasi ISO, ITU, ANSI, IEEE, IETF, EIA, FCC. Semoga artikel ini dapat membantu teman teman semuanyaa.

Posting Komentar untuk "Pengertian Badan Standarisasi ISO, ITU, ANSI, IEEE, IETF, EIA, FCC"