Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tingkatan Sertifikasi Mikrotik Beserta Biayanya

tingkatan sertifikasi mikrotik

Bagi kalian yang berkecimpung di dunia Networking pasti sudah tidak asing lagi dengan Sertifikasi MikroTik. MikroTik merupakan salah satu produsen perangkat jaringan yang dikenal dengan sistem operasinya yang bernama RouterOS. Sama seperti Cisco, MikroTik juga menawarkan program sertifikasi yang bertujuan untuk melatih para engineer jaringan dalam mengelola suatu jaringan menggunakan perangkat dari MikroTik. 

Sertifikasi MikroTik sangat penting karena merupakan suatu nilai lebih dari pemegang sertifikasi tersebut. Selain itu sertifikasi juga merupakan suatu bukti atau pengakuan dari vendor tertentu terhadap kemampuan dari pemegang sertifikasi tersebut. Mikrotik memiliki beberapa level sertifikasi diantaranya :

  • Level Basic: MTCNA
  • Level Advanced: MTCRE, MTCWE, MTCTCE, MTCUME, MTCIPv6E, MTCSE
  • Level Expert: MTCINE, MTCSA
sertifikasi mikrotik
Sumber : https://mikrotik.com/training/about

Untuk dapat mengikuti sertifikasi pada level Advanced atau Expert, kalian diwajibkan untuk  mengambil sertifikasi level Basic (MTCNA) terlebih dahulu. Sertifikasi MTCNA dapat kalian lakukan di MikroTik Training Centers (MTC) yang terdapat di kota-kota besar dengan biaya tertentu. Sertifikasi ini juga dapat dilakasanakan di Mikrotik Academy (MA), biasanya Mikrotik Academy (MA) terdapat pada sekolah atau perguruan tinggi yang telah terdaftar. 

Program sertifikasi MTCNA di MikroTik Academy hanya dapat dilakukan pada siswa yang resmi terdaftar di sekolah/perguruan tinggi itu sendiri. Sedangkan untuk sertifikasi diatasnya hanya dapat dilakukan oleh MikroTik Training Centers.

MTCNA - MikroTik Certified Network Associate

MTCNA atau MikroTik Certified Network Associate merupakan sertifikasi MikroTik yang paling basic. Sebelum kalian mengambil sertifikasi level Advenced dan Expert kalian diwajibkan memegang sertifikat ini. Sertifikat ini berfokus pada dasar-dasar mulai dari cara masuk ke mikrotik, dan konfigurasi umum. 

Pada sertifikasi ini kalian dapat mempelajari semua lingkup MikroTik dari routing, WLAN, traffic control, hingga management user. Jika kalian tertarik untuk mengikuti tes MTCNA kalian harus mempersiapkan biaya sekitar 2,5 juta.

MTCRE – MikroTik Certifed Routing Engineer

MikroTik Certifed Routing Engineer atau yang biasa disingkat MTCRE adalah  sertifikasi MikroTik yang harus kalian dapatkan setelah mendapatkan sertifikasi MTCNA. Umumnya diindonesia tes MTCRE dibandrol dengan biaya sekitar 2,25 juta.

Sertifikasi MTCRE ini berfokus pada Static Routing, Recursive Routing, ECMP, Point to Point Addressing, VPN, Virtual LAN (VLAN), QinQ, OSPF Area, Neighbors, Cost, pengenalan BGP dan MPLS.

MTCWE - Mikrotik Certified Wireless Engineer

Seperti namanya MikroTik Certified Wireless Engineer, sertifikasi ini terfokus pada pemahaman mengenai perencanaan dan implementasi wireless pada Mikrotik. Implementasi yang disebut disini meliputi:

  • Wireless Standard
  • Wireless Tools
  • 802.11n Protocol
  • Wireless Security 
  • WDS e Mesh
  • Transparent bridge
  • Nstreme
  • Nv2

 Jika kalian tertarik untuk mengikuti tes MTCWE kalian harus mempersiapkan biaya sekitar 2,25 juta.

MTCTCE – MikroTik Certified Traffic Control Engineer

MTCTCE merupakan sertifikasi MikroTik yang berkatian dengan pengaturan traffic, bandwidth, load,  dan network security. Jika kalian ingin mengambil tes sertifikasi ini, kalian harus belajar mengenai DNS, DHCP, Advanced Firewall, NAT, Mangle, HTB, Queue, Web Proxy. Untuk mengikuti tes MTCRE ini kalian harus mempersiapkan biaya sekitar 2,25 juta.

MTCUME – MikroTik Certified User Management Engineer

MTCUME merupakan sertifikasi MikroTik yang berkaitan dengan Hotspot dan Tunneling. Kalian harus mempelajari beberapa materi meliputi PPPoE Server dan Client, ECMP, Multilink Protocol, MLPPP, HotSpot Bypass, RADIUS, PPTP, L2TP, sampai IPSec. Jika kalian tertarik untuk mengikuti tes ini kalian harus mempersiapkan biaya sekitar 2,25 juta.

MTCIPv6E - MikroTik Certified IPv6 Engineer

Sesuai namanya MikroTik Certified IPv6 Engineer, sertifikasi ini berfokus pada Protokol IPv6. Kalian dituntut untuk dapat meng-implementasikan dan mengkonfigurasi IPv6. Materi yang dipelajari meliputi IPv6 Packet, IPv6 Security, Transition Mechanism, dan Interoperability. Jika kalian tertarik untuk mengikuti tes ini kalian harus mempersiapkan biaya sekitar 2,25 juta.

MTCSE - Mikrotik Certified Security Engineer

MikroTik Certified Security Engineer atau biasa disebut MTCSE merupakan program sertifikasi MikroTik yang dikhususkan dalam implementasi keamanan jaringan(cyber security). Kalian diharapkan untuk memiliki kemampuan menciptakan jaringan yang aman serta dapat mengatasi masalah seperti serangan hacker. Jika kalian tertarik untuk mengikuti tes MTCSE kalian harus mempersiapkan biaya sekitar 2,25 juta.

MTCINE - MikroTik Certified Inter-Networking Engineer

MikroTik Certified Inter-networking Engineer (MTCINE) yaitu sertifikasi yang paling tinggi untuk saat ini. Untuk dapat mengikuti sertifikasi ini kalian diwajibkan untuk memiliki sertifikasi MTCRE yang aktif. Materi yang akan dipelajari pada sertifikasi MTCINE ini meliputi:

  • BGP
  • MPLS
  • Traffic Engineering

Nah, itu tadi pembahasan tentang Sertifikasi MikroTik mulai dari tingkatan beserta biayanya. Mungkin kalian tertarik?. Semoga tulisan ini dapat membantu kalian untuk meningkatkan skill dan karir kalian di bidang Networking.

Posting Komentar untuk "Beberapa Tingkatan Sertifikasi Mikrotik Beserta Biayanya"