Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tingkatan Sertifikasi Cisco dan Peluang Posisi Pekerjaan yang Cocok

Tingkatan Sertifikasi Cisco

Bagi sebagian orang yang berkecimpung di dunia IT pastinya sudah tidak asing lagi dengan Sertifikasi Cisco. Sertifikasi Cisco ini hadir untuk memastikan bahwa profesional dibidang TI mempunyai keahlian dan pengetahuan yang mumpuni..Cisco sendiri mempunyai beberapa level sertifikasi. Dan yang tersedia saat ini ada beberapa tingkatan, diawali pada tingkatan Entry (CCENT), Associate (CCNA), Profesional (CCNP), Expert (CCIE) serta Arsitek (CCA).

Agar pemahaman mengenai Tingkatan Sertifikasi Cisco makin baik, berikut adalah penjelasan terkait masing masing kelasnya. Silahkan simak artikel Beberapa Tingkatan Sertifikasi Cisco dan Peluang Posisi Pekerjaan yang Cocok ini sampai selesai.

CCENT

CCENT yaitu level Sertifikasi Cisco paling dasar. Pada sertifikasi ini kandidat diharapkan memiliki kompetensi untuk menempatkan, menjalankan serta trobleshoting jaringan enterprise berskala kecil. Kurikulum yang ditawarkan pada dasarnya mencakup jaringan dasar, teknologi WAN, dasar keamanan jaringan, rancangan Wireless, Routing, Switching serta Komposisi Jaringan Enterprise berskala kecil.

CCNA

Cisco Certified Network Associate (CCNA) dan Cisco Certified Design Associate (CCDA) termasuk sertifikasi tingkat asosiasi Cisco. Kalian yang ingin menempuh sertifikasi ini harus lulus satu atau dua ujian sertifikasi terlebih dahulu untuk mencapai CCNA atau CCDA, tergantung pada jalur yang Anda pilih.

CCNA berfokus pada keterampilan dasar dalam menginstal, mengkonfigurasi, dan memecahkan masalah jaringan kabel danwireless. Kalian dapat memilih beberapa pendalaman materi, termasuk Cloud, Collaboration, Cyber Ops, Data Center, Industrial, Routing and Switching, Security, Service Provider dan Wireless. 

Sertifikasi CCNA adalah prasyarat untuk kalian yang ingin mengambil sertifikasi CCNP. Prasyarat untuk CCNA bervariasi tergantung pada jalur pendalaman materi yang dipilih seperti halnya jumlah ujian yang diperlukan. Semua pendalaman materi memerlukan satu atau dua ujian.

CCNP

Jenjang selanjutnya yaitu level Professional, sertifikasi CCNP (Cisco Certified Network Professional) adalah sertifikat yang paling populer. Sertifikasi ini menyatakaan bahwa pemiliknya memiliki pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk jaringan berskala besar. Memungkinkan pemilik CCNP untuk menginstalasi, mengkonfigurasi, dan melakukan troubleshooting jaringan LAN / WAN dengan jumlah antara 100 sampai dengan 500 buah perangkat jaringan.

Syarat untuk menempuh sertifikasi CCNP adalah telah memiliki sertifikat CCNA. Selain CCNP juga ada beberapa sertifikasi lain yang memiliki tingkatan yang sama diantaranya : 
  1. CCDP 
  2. CCIP 
  3. CCSP
  4. CCVP

CCIE

Untuk kalian yang ingin mempunyai sertifikat CCIE wajib mempunyai kapasitas profesional untuk menangani rintangan paling tinggi dalam Networking. Berbeda dengan sertifikat-sertifikat sebelumnya yang dapat diperoleh dengan basis tes yang sifatnya tertulis, pada ujian CCIE selain tertulis (written) juga terdapat praktikum langsung (lab) sehingga tingkat kesulitannya lebih tinggi. Biaya untuk mengambil tes ini juga sangat mahal, oleh karenanya butuh kesiapan yang sangat matang agar lolos tes. 

Beberapa macam spesialis dari CCIE diantaranya : 
  1. CCDE
  2. CCIE Cloud
  3. CCIE Collaboration
  4. CCIE Data Center
  5. CCIE Industrial
  6. CCIE Routing and Switching,
  7. CCIE Security
  8. CCIE Service Provider 
  9. CCIE Video 
  10. CCIE Voice 
  11. CCIE Wireless

CCA

Bagi kalian yang mencari posisi seperti arsitek jaringan atau arsitek data center, melakukan sertifikasi Cisco Certified Architect atau CCA adalah langkah yang tepat. CCA sama seperti Ph.D. CCA mempunyai potensi/pengetahuan spesial mengenai tehnologi serta arsitektur infrastruktur Cisco. Dari semua program Sertifikasi Cisco, ini adalah tingkat sertifikasi paling tinggi yang ditawarkan oleh  Cisco. Banyak orang menganggap CCAr sertifikasi teknologi yang paling sulit untuk dicapai.

Peluang Kerja yang cocok untuk beberapa Sertifikasi Cisco

Berikut ini merupakan gambaran peluang kerja yang dapat diambil untuk beberapa Sertifikasi Cisco, diantaranya:
  • CCENT: Help desk atau teknisi
  • CCT: Insinyur bidang jaringan atau administrator sistem
  • CCNA: Insinyur jaringan, insinyur telekomunikasi, teknisi jaringan dan operasi jaringan atau analis jaringan.
  • CCDA: Insinyur (jaringan, sistem, desain, memimpin), analis (antarmuka), pengembang antarmuka atau spesialis teknis
  • CCNP: Administrator jaringan, insinyur jaringan atau teknisi tingkat lanjut, serta peran tingkat senior.
  • CCDP: Peran tingkat senior; insinyur desain jaringan senior, analis senior, analis keamanan jaringan atau perancang jaringan
  • CCIE: Peran tingkat ahli; arsitek jaringan, insinyur sistem jaringan atau administrator jaringan.
  • CCDE: Peran tingkat ahli; arsitek jaringan, insinyur desain jaringan atau pemimpin tim infrastruktur TI.
  • CCA: Arsitek jaringan.
Nah, itu tadi pembahasan tentang Sertifikasi Cisco mulai dari tingkatan, jenis, dan juga pekerjaan yang cocok. Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk meningkatkan skill dan bahan referensi kalian di bidang Jaringan Komputer.

Posting Komentar untuk "Beberapa Tingkatan Sertifikasi Cisco dan Peluang Posisi Pekerjaan yang Cocok"