Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan TCP dan UDP serta Penjelasannya Secara Lengkap

perbedaan tcp dan udp

Belajar tentang Perbedaan TCP dan UDP serta Penjelasannya Secara Lengkap yang akan kami ulas di halaman ini. jika dilihat kedua protokol tersebut sama-sama untuk melakukan komunikasi, yang jadi pembeda adalah dari sisi orientasinya saja. Jika TCP berorientasi pada koneksi, tidak sama halnya dengan UDP yang merupakan protokol Internet tanpa koneksi yang lebih sederhana di mana pemeriksaan kesalahan dan layanan pemulihan tidak diperlukan

Anda yang belum mengenal apa itu TCP dan UDP pasti kebingungan apa perbedaan dari dua protokol komunikasi tersebut, kami akan menjelaskan semuanya.

Pengertian TCP?

Transmission Control Protocol (TCP) berorientasi pada koneksi, artinya setelah koneksi dibuat, data dapat ditransmisikan dalam dua arah. TCP memiliki sistem bawaan untuk memeriksa kesalahan dan untuk menjamin data akan dikirimkan sesuai urutan pengirimannya, menjadikannya protokol yang sempurna untuk mentransfer informasi seperti gambar suara, file data, ataupun halaman web.

Dengan deminikan mekanisme TCP juga memberikan efek yang lebih besar, yang berarti penggunaan bandwidth yang tersedia di jaringan anda lebih besar.

Pengertian UDP?

User Datagram Protocol (UDP) adalah protokol Internet tanpa koneksi yang lebih sederhana di mana pemeriksaan kesalahan dan layanan pemulihan tidak perlu dilakukan. Dengan UDP, tidak ada resource tambahan untuk membuka koneksi, memelihara koneksi, atau mengakhiri koneksi; data terus dikirim ke penerima, apakah mereka menerimanya atau tidak.

Meskipun UDP tidak ideal untuk mengirim email, melihat halaman web, atau mengunduh file, UDP lebih disukai untuk komunikasi waktu nyata seperti transmisi jaringan streamming ataupun televisi.

Perbedaan TCP dan UDP?

Adapun beberapa perbedaan antara kedua protokol tersebut diantaranya adalah :

TCP UDP
TCP merukapan protokol yang berorientasi koneksi. Orientasi koneksi berarti bahwa perangkat yang berkomunikasi harus membuat koneksi sebelum mentransmisikan data dan harus menutup koneksi setelah mentransmisikan data. UDP merupakan protokol berorientasi Datagram. Ini karena UDP tidak memerlukan resource tambahan untuk membuka koneksi, memelihara koneksi, dan mengakhiri koneksi. UDP sangat efisien untuk transmisi jaringan tipe broadcast dan multicast.
TCP dapat diandalkan karena menjamin pengiriman data ke router tujuan. Pengiriman data ke tujuan tidak dapat dijamin dalam UDP.
TCP menyediakan mekanisme pemeriksaan kesalahan yang ekstensif. Itu karena menyediakan kontrol aliran dan pengakuan data. UDP hanya memiliki mekanisme pemeriksaan kesalahan dasar menggunakan checksum.
Urutan data adalah fitur dari Transmission Control Protocol (TCP). ini berarti bahwa paket tiba secara berurutan di penerima. Tidak ada pengurutan data dalam UDP. Jika pesanan diperlukan, itu harus dikelola oleh lapisan aplikasi (Application Layer).

Contoh Kasus TCP dan UDP?

perbedaan tcp dan udp

Contoh singkat untuk memahami perbedaan dengan jelas. Misalkan ada dua rumah, RUMAH A dan RUMAH B dan surat harus dikirim dari RUMAH A ke RUMAH B. Tapi ada sungai di antara kedua rumah itu. Sekarang bagaimana kita bisa mengirim surat itu?

Solusi 1: Buat jembatan di atas sungai dan kemudian bisa diantar.

Solusi 2: Dikirimkan melalui burung merpati.

Pertimbangkan solusi pertama sebagai TCP. Koneksi harus dibuat (jembatan) untuk mendapatkan data (surat) yang dikirimkan. Data tersebut dapat diandalkan karena akan langsung mencapai ujung yang lain tanpa kehilangan data atau kesalahan.

Dan solusi kedua adalah UDP. Tidak diperlukan koneksi atau jembatan untuk mengirim data. Prosesnya lebih cepat dibandingkan dengan TCP, di mana kita perlu mengatur koneksi (jembatan). Tetapi datanya tidak dapat diandalkan. Kita tidak menjamin apakah burung merpati akan pergi ke arah yang benar, atau akan menjatuhkan surat di jalan, atau ada masalah yang dihadapi di tengah perjalanan. jenis

Kesimpulan

Setelah mempelajari Perbedaan antara TCP dan UDP, jelas bahwa apa pun yang menggunakan komunikasi virtual dapat memperoleh banyak manfaat dari UDP. UDP tidak hanya menghindari jebakan transport dan tabrakan data yang umum dengan TCP, tetapi juga menawarkan kecepatan luar biasa untuk semua kebutuhan streaming. Sedangkan pada TCP, protokol ini lebih cocok untuk jenis komunikasi yang dapat diandalkan misalnya Video Call.

Nah demikianlah penjelasan mengenai Perbedaan TCP dan UDP serta Penjelasannya semoga dapat membantu teman teman semua.

1 komentar untuk "Perbedaan TCP dan UDP serta Penjelasannya Secara Lengkap"