Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Routing Dengan Kelebihan Serta Penjelasan Lengkap

macam macam routing

Belajar memahami apa itu routing dan macam-macam routing itu tidak mudah untuk kebutuhan server. Di sini kami menjelaskan dengan sederhana.

Dalam dunia Internet routing merupakan istilah umum dan mungkin Anda pernah mendengar istilah routing. Apa itu routing dan bagaimana macam-macam routing yang perlu kita ketahui?

Apa itu Routing

Routing adalah sebuah proses mengirim dan menggunakan router yang bisa mengirim data melalui jaringan internet ke tempat tujuan.

Untuk saat ini di era digital dan internet mengenal apa itu routing adalah hal yang sangat penting. Jika komputer atau laptop anda tidak memiliki alat router maka itu tidak bisa menggunakan jaringan internet sama sekali.

Agar proses routing bisa berjalan dengan lancar maka anda harus memperhatikan pada alat router sebagai alamat tujuannya. Kemudian informasi tentang router tersebut tersimpan di dalam routing table yang bisa anda temukan informasinya melalui network remote.

Macam-macam Routing

Routing bisa dibagikan berdasarkan dengan sifat routing, routed and routing protocol dan class in routing protocol. Berikut adalah beberapa macam atau jenis dari routing yang perlu Anda ketahui :

Berdasarkan Sifat Routing

Routing Statis

Protista diserupakan sebuah proses pengiriman data oleh administrator jaringan secara manual dengan cara input pengaturan routing table dari router. Pengaturan tersebut bisa menggambarkan dari jalur sebuah paket ke tujuan melalui interface.

Routing statis memiliki kelebihan dan kelemahan yang perlu Anda ketahui sebelum memasang router.

Kelebihan

     Tidak memiliki waktu pemrosesan pada CPU router.

     Tidak menggunakan bandwidth antar router.

     Memiliki keamanan yang kuat karena administrator yang memiliki akses secara penuh pada router.

Kekurangan

     Administrator harus paham cara menambahkan routing table secara manual ke semua router.

     Routing statis tentu tidak sesuai untuk jaringan komputer dengan skala yang besar.

Routing Default

Macam-macam routing selanjutnya adalah routing default pada proses pengiriman data bisa terjadi secara manual ke router hop selanjutnya. Maksudnya adalah proses menambahkan motor keseringan control remotenya tidak tersedia dalam bentuk tabel.

Kelebihan

Kelebihan utama adalah proses konfigurasi yang simple dan sederhana karena administrator hanya menghasilkan satu jenis perintah saja.

Kekurangan

Sementara kekurangan dari routing default adalah tidak bisa menerima data meski tidak dibutuhkan yang menyebabkan penggunaan hardware pembengkakan tanpa terkontrol.

Routing Dinamis

Dalam proses routing dinamis ketika membuat membuat jalur komunikasi bisa terjadi secara otomatis sesuai konfigurasi. Fungsi dari routing dinamis yaitu untuk menemukan jaringan Serta bisa meng-update routing table di router.

Salah satu macam-macam routing dinamis ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut :

Kelebihan

     Routing dinamis hanya mengenal alamat tertentu yang tersambung pada router.

     Ketika ada penambahan jaringan internet maka tidak perlu mengatur ulang dari semua network router.

     Proses konfigurasinya mudah di router dinamis daripada statis dan default.

Routed Protocol

Routed Protocol ini terbagi menjadi tempat dan alangkah baiknya kenali dulu penjelasan singkat apa itu routed Protocol. Protokol adalah router yang berfungsi untuk mengirim data dari satu jaringan ke jaringan lain dengan membawa traffic seperti transfer,email dan network lainnya.

Berdasarkan Routed and Routing Protocol

Macam-macam routing selanjutnya yaitu berdasarkan routed dan routing protocol yang mana terbagi menjadi tiga macam sebagai berikut :

Distance Vector Protocol

Dengan menggunakan distance vector yang mana Anda bisa menentukan rute terbaik dari setiap jaringan berdasarkan jarak tempuh.

Baca Juga : JENIS JENIS ROUTING (DISTANCE VECTOR PROTOCOL & LINK STATE PROTOCOL)

Link State Protocol

Istilah routing ini memiliki fungsi yang pertama untuk mencatat perubahan dari setiap jaringan yang terkoneksi. Fungsi selanjutnya yaitu menentukan topologi jaringan dan untuk routing table.

Hybird

Protein dari hebat ini adalah protokol terakhir yang menggunakan aspek-aspek routing protocol dengan jenis distance-vector dan link-state.


macam-macam routing


Posting Komentar untuk "Macam-Macam Routing Dengan Kelebihan Serta Penjelasan Lengkap"