Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Load Balance? Jenis, Cara Kerja dan Kelebihan

 

apa itu load balance

Anda yang belum mengenal apa itu Load Balance, cara kerjanya, jenis load balancer dan kelebihan kami akan menjelaskan semuanya.

Belajar tentang apa itu load balance, cara kerjanya, jenis load balancer dan kelebihan dari load balancing akan kami ulas di halaman ini. Load balancing ketika memiliki sumber traffic yang terlalu besar sehingga proses penyaluran traffic tidak optimal.

Apa itu Load Balance

Istilah load balance atau load balancing merupakan proses cara pendistribusian trafik yang terlalu besar pada dua jalur koneksi secara seimbang, mempercepat waktu respon agar trafik optimal dan mampu menghindari overload.

Balancing berfungsi sebagai sumber daya baru untuk mengatasi suporter apik yang berlebihan sehingga bisa lebih optimal. Hal ini sangat berguna agar bisa memastikan server yang tidak menerima beban trafik yang berlebihan.

Server website menjadi lambat atau kinerja turun ketika mengalami kelebihan beban atau kebanyakan traffic sehingga ada tidak bisa terhubung sama sekali antar server 1 dengan server lain.

Agar lebih mudah pemahamannya loadbalance berfungsi untuk menyalurkan permintaan klien secara efisien ke beberapa server dengan cara mendistribusikan website atau apps menjadi lebih stabil.

Dengan load balance mampu memastikan kesediaan proses pengiriman ke server yang sedang aktif. Lewat belanja mampu memberikan fleksibilitas baik menambah atau mengurangi transfer antar server.

Cara Kerja Load Balance

Tujuan adanya load balancing adalah mantai lalu lintas dan bertugas mencegah permasalahan agar proses lalu lintas bisa berjalan dengan lancar. Jadi load balance mampu memberikan kepastian arus lalu lintas bisa berjalan dengan lancar dan memberikan keamanan secara kompleks.

Berikut adalah cara kerjanya :

     Proses mengakses atau permintaan akses ke server atau aplikasi.

     Menerima dan menyalurkan lalu lintas ke beberapa server dengan load balance.

     Pada server yang down mantap dengan load balancer dapat mengalihkan traffic ke server lain yang masih tersedia.

Jenis Load Balancer

Memahami tentang lewat belanja terbagi menjadi dua jenis yaitu hardware load balancer dan software load balancer. Salah jenisnya :

Hardware Load Balancer

Seperti yang anda ketahui bahwa hardware adalah sebuah perangkat keras atau fisik dari load balancer. Dengan perangkat keras ini bisa menyalurkan traffic sesuai pengaturan load balancer.

Biasanya lewat pelancur bisa mengatasi trafik atau lalu lintas yang tinggi karena memiliki harga produk yang lebih mahal.

Software Load Balancer

Istilah software berarti perangkat lunak sedangkan software lewat balancer adalah perangkat lunak untuk mengatur trafik yang penuh agar lebih stabil.

Menggunakan software load balancer memiliki harga yang lebih terjangkau daripada hardware jika anda ingin membeli produknya. Cara instalasi lewat balancer menggunakan software ini melalui virtual machine.

Kelebihan Load Balance

Kelebihan Load Balance terbagi menjadi 4 macam yaitu sebagai berikut :

Mudahnya Upgrade dan Downgrade

Website atau aplikasi yang menggunakan loadbalance memiliki potensi traffic yang tinggi tanpa membuatnya menjadi lambat atau gagal dimuat. Administrator juga bisa mengatur server baik menaikkan atau menurunkan skalanya sesuai kebutuhan.

Mudahnya Proses Distribusi Lalu Lintas

Load balancer secara otomatis mengalihkan ke server lain ketika pada satu server mengalami masalah sehingga website atau aplikasi tetap berjalan dengan normal.

Mengatasi Downtime dan Memaksimalkan Performa

Sistem trafik atau lalu lintas yang terkondisikan sehingga bisa mengurangi Downtime yang mampu meningkatkan performa server.

Fleksibilitas yang Maksimal

Proses manajemen beban yang seimbang tentu membutuhkan administrator website bisa lebih mudah ketika menangani traffic website. Anda juga bisa memanajemen atau memelihara server secara bertahap dan mematikan server lain sambil mengkonfigurasi server lainnya.


apa itu Load Balance

definisi load balance


Posting Komentar untuk "Apa itu Load Balance? Jenis, Cara Kerja dan Kelebihan"