Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Big Data! Memahami Pengertian, Karakteristik, Manfaat, beserta Contohnya!

Mendengar istilah Big Data saat ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, apalagi yang sering berkecimpung didunia komputer. Penggunaan basis data (database) sangat diperlukan untuk dapat mengelola dan menyimpan segala informasi yang berbentuk data secara terstruktur dan tersistem. Banyak perusahaan yang membutuhkan kapasitas data dengan volume besar untuk menyimpan data terkait perusahaan tersebut. 

studi kasus big data

Apa Itu Big Data?

Big Data adalah data yang sangat banyak dan memiliki volume yang sangat besar, baik terstruktur maupun tidak terstruktur, bersifat kompleks, dan pemrosesannya melebihi kapasitas pada sistem database biasa atau konvensional.

Suatu perusahaan memanfaatkan Big Data dalam sistem mereka untuk meningkatkan operasi, meningkatkan pelayanan yang lebih baik, membuat pemasaran yang tertargeti, dan mengambil suatu keputusan yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan keuntungan. 

Bisnis yang menggunakan Big Data secara efektif memiliki keunggulan daripada yang tidak karena mereka mampu membuat keputusan bisnis yang lebih cepat dan lebih tepat.

Apa Manfaat dari Big Data?

Big Data memungkinkan anda memperoleh hasil yang lebih kompleks karena anda memiliki lebih banyak informasi.

Karakteristik Big Data?

Volume

Big data memiliki ukuran yang sangat besar seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu komputer biasa tidak akan sanggup untuk melakukan pemrosesan pada Big Data. Pada beberapa organisasi, Big Data yang mereka miliki mungkin puluhan terabyte data.

Velocity

Velocity adalah kecepatan. Tentunya data yang besar juga membutuhkan pemrosesan yang cepat dan akurat. Informasi yang tersedia pada Big Data juga akan berubah setiap waktu, itu artinya pemrosesan harus dilakukan secara realtime agar mendapatkan keakuratan data.

Variety

Karakteristik Big Data yang selanjutnya adalah Variety mengacu pada banyak jenis data yang tersedia. Big Data memiliki tipe data tidak terstruktur dan semi terstruktur, seperti teks, audio, dan video. Dengan kata lain hal itu juga akan memerlukan pemrosesan tambahan untuk mendapatkan keputusan dan mendukung metadata.

Jenis Big Data?

Structured

Setiap data yang dapat disimpan, diakses, dan diproses dalam bentuk format tetap disebut sebagai data 'terstruktur'. Berikut adalah contoh data yang terstruktur:

big data terstruktur
sumber : guru99.com

Unstructured

Setiap data dengan bentuk atau struktur yang tidak diketahui diklasifikasikan sebagai data tidak terstruktur. Selain ukurannya yang besar, data yang tidak terstruktur akan mempengaruhi proses pengolahannya. Contoh khas dari data tidak terstruktur adalah sumber data heterogen yang berisi kombinasi file teks sederhana, gambar, video, dll.

Semi Structured

Data semi terstruktur dapat berisi data terstruktur dan data tidak terstruktur. Contoh data semi terstruktur adalah data yang direpresentasikan dalam file XML.

big data semi structured

Studi Kasus Pada Big Data?

Big Data dapat membantu dalam menangani berbagai aktivitas organisasi maupun bisnis, seperti analisa penjualan dan target pemasaran. Berikut adalah beberapa contoh studi kasus pada Big Data:

Netflix

Netflix menggunakan Big Data untuk menganalisa permintaan pelanggan. Mereka membangun model prediktif untuk produk dan layanan baru dengan mengklasifikasikan keyword dari produk atau layanan mereka.

BPS (Badan Pusat Statistik)

Badan Pusat Statistik adalah suatu badan yang bertanggung jawab pada pengelolaan Big Data milik pemerintah Indonesia. Badan ini mengelola beberapa bidang meliputi data penduduk, situasi pasar, data kemiskinan, dll. Hal ini memungkinkan pemerintah Indonesia untuk melakukan pengalokasian anggaran yang tepat sasaran.

Machine Learning

Machine Learning sangat marak saat ini, dan Big Data adalah salah satu alasan kenapa Machine Learning dibuat. Ketersediaan Big Data akan memungkinkan Machine Learning untuk melakukan tugasnya.

Platform Penyedia Layanan Big Data?

Platform penyedia layanan Big Data yang tersedia saat ini diantaranya adalah:

  • Amazon EMR (sebelumnya Elastic MapReduce)
  • Platform Data Cloudera
  • Google Cloud Dataproc
  • Kain Data Ezmeral HPE (sebelumnya Platform Data MapR)
  • Microsoft Azure HDInsight

Sederhananya, Big Data adalah kumpulan data yang besar dan kompleks, terutama dari sumber data baru. Kumpulan data ini sangat banyak sehingga dibutuhkan software pemrosesan data. Biasanya data yang sangat besar ini digunakan untuk mengatasi masalah bisnis yang sebelumnya tidak dapat tangani.

Posting Komentar untuk "Big Data! Memahami Pengertian, Karakteristik, Manfaat, beserta Contohnya!"